Senin, 11 Februari 2013

PUASA DAUD

PUASA DAUD

PUASA DAUD

Puasa daud merupakan puasa yang paling disukai oleh Allah. Puasa daud ialah puasa yang dilakukan sehari dan berbuka satu hari. Puasa daud dapat dilakukan kapan saja selama bukan pada bulan yang diharamkan untuk berpuasa. puasa daud juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dan disini saya akan menjelaskan tentang puasa daud.



PUASA DAUD

Puasa yang paling dicintai oleh Allah ialah puasa Nabi Daud AS yaitu beliau berpuasa  pada satu hari dan  berbuka satu hari. Puasa daud merupakan puasa yang terbaik baik dari sisi syari’at maupun dari sisi keutamaan. Jika dilihat dari segi syari’at puasa daud ialah puasa terpanjang dan terlama yang mempunyai dasar hukum dan legalitasnya dari Rasululullah SAW. Sedangkan jika dilihat dari segi keutamaan yaitu yang didasarkan pada sabda-sabda Rasullullah SAW sendiri ketika menjelaskan keutamaan puasa ini.

Pelaksanaan Puasa Daud
Puasa Daud dilakukan dengan berseling ialah sehari berpuasa dan  sehari tidak berpuasa. Pelaksanaanya dapat  dilakukan kapan saja hanya saja tidak boleh pada waktu diharamkannya puasa seperti pada hari raya atau Hari Tasyriq meskipun pada waktu itu gilirannya puasa dalam rangkaian puasa Daud. Meski dikatakan boleh kapan saja, namun puasa Daud pun tetap harus memperhatikan hadist-hadist dan hukum agama yang lainnya. Misalnya ketika memasuki bulan Ramadhan, tentu saja kita tidak dapat melakukan puasa Daud karena harus melaksanakan puasa Ramadhan sebagai puasa wajib.
Puasa Daud harus dilakukan dengan niat tersendiri, tidak boleh berniat dengan puasa yang lainnya, baik puasa sunnah maupun puasa fardlu, misalnya puasa nadzar. Bila memang ingin berpuasa nadzar, maka berpuasa nadzarlah terlebih dahulu kemudian puasa Daud.

Makna Terbaik Puasa Daud
Orang yang berpuasa Daud tentunya termasuk orang yang mempunyai komitmen tinggi, kemauan yang kuat, dan iman yang kokoh. Karena puasa Daud merupakan puasa sunnah yang sangat membutuhkan komitmen untuk terus melaksanakannya kecuali dalam keadaan yang tidak memungkinkan seperti sakit. Karena itulah puasa Daud dikatakan puasa yang terbaik. Tanpa mengesampingkan puasa sunnah lainnya, apabila kita sudah berpuasa Daud maka jika kita tidak dapat melakukan puasa sunah lainnya, hal tersebut tidak apa-apa.
Untuk itu kita telah melakukan yang terbaik, maka Puasa Daud telah mencukupi semua puasa sunnah yang lainnya. Itulah makna Puasa Daud sebagai puasa yang terbaik namun bila kita yang sedang puasa Daud ingin melaksanakan sunnah puasa yang lainnya, maka tidak ada dalil yang melarangnya.  Kita tetap boleh berpuasa pada hari-hari tersebut.

Manfaat Puasa Daud
Apapun jenisnya, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa puasa mampu menyehatkan badan.Adapun manfaat dari puasa daud diantaranya ialah:
1.      Puasa daud ialah puasa yang porsinya pas dalam urusan dunia maupun akhirat dengan berpuasa maka kita tetap beribadah tapi tidak juga mengabaikan urusan dunia karena puasanya dilakukan berselang-seling
2.      Puasa daud membentuk jiwa sosial yang lebih peka.
3.      Merupakan salah satu bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT dengan melakukan puasa yang terbaik  maka kita akan mendapatkan pahala yang terbaik juga.
4.      Setiap ibadah yang kita lakukan akan memperkuat keimanan, termasuk puasa Daud. Puasa Daud akan menjaga kita dari hal-hal yang dilarang oleh Allah sehingga keyakinan dan kecintaan kita kepada Allah SWT akan semakin kuat.

         Untuk lebih jelasnya tentang blog ini silahkan baca disini

1 komentar:

  1. Terimakasih gan atas infonya yang bermanfaat ini, visit balik ya http://shalat-sunah-istisqa.blogspot.com/

    BalasHapus